Minggu, 19 Agustus 2012

Aliran Seni Rupa
























































                                                         Aliran Optik Art (Koleksi Jr)
   Aliran Optik Art (Koleksi Jr)

                                                            Aliran Optik Art (Koleksi Jr)






 1. Klasikisme
          Aliran ini mempunyai ciri-ciri :
a.    Generalisme ( lazim dan umum )
b.    Kemegahan (mewah)
c.    Idealisme (suatu yang didambakan)
d.   Rasio menjadi titik tolak seni
    Tokohnya antara lain Jacques Louis David Watten,Vigee Lebrum,dan Jan Inggris

2. Neo Klasikisme
          Aliran ini dipengaruhi oleh seni klasik Yunani dan Romawi Kuno.Sifat-sifat aliran
     ini antara lain :
a.    Homosentris dan Idealisme
b.    Berkaitan dengan perasaan seseorang (subyektif)
c.    Mendambakan yang sangat harmonis
d.   Berusaha memikat hati
     Tokohnya : Girodet Michelanggelo,Leonardo Davinci,Raphael.

3.Romantisme
      Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.
     Sifat aliran ini antara lain:
a.       Penggambaran emosi yang memuncak
b.      Penuh dinamika
c.       Menggambarkan peristiwa yang sangat menarik (dramatis)
Tokohnya  antara lain : Teopdore Gericoult,Eugene Delocroix,Millet.

4. Realisme
Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa untuk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun aliran ini cendrung melebihkan karakter. Sifat aliran ini antara lain :
     a. Melikiskan dunia tanpa fantasi
     b. Menggambarkan peristiwa sesuai dengan kenyataan sebenarnya
     c. Cendrung melebihkan karakter
Tokohnya : Gustave Coubert.

5. Naturalisme
Seni lukis yang sangat mengandalkan skil atau ketrampilan tangan sehingga hasilnya terlihat alami, persis seperti fotografi berwarna.Mengutamak bentuk dan kesamaan obyek ,warna,proporsi,dan bentuk sesuai dengan aslinya.
Tokohnya : Theodore Rousseau

6. Impresionisme
Berusaha menampilkan kesan yang di tangkap dari objek. Yang menjadi masalah dalam hal teknik adalah Sebagian kaum impresionis sangat mementingkan warna yang di timbulkan oleh bias cahaya,.karyanya tanpak tidak mendetail hanya kesan tanpa garis penegas Warna yang digunakan biasanya memilih yang cemerlang dari kilasan sinar.
     Tokohnya :  Claude Manet, Aguste Renoir,dan Camille Pssaro.

7. Ekspresionisme
Berusaha menampilkan emosional atau sensasi dari dalam di hubungkan dengan tragedi atau apa yang terjadi. Definisi lain adalah kebebasan distorsi bentuk dan warna untuk melahirkan emosi ataupun menyatakan sensasi dari dalam baik objeknya maupun senimannya.Goresan garis dan warna  tanpak spontan,tegas,cepat dan dinamis (penuh gerak)
Tokohnya : Vincent Van Gogh, Gaugin dan Eduard Munch.

8. Kubisme
Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometris,persegi,kotak,seperti kubus yang bersusun,alam disederhanakanberkesanseperti bidang atau kubus.Penciptaan kubus dihasilakan dari garis atau warna. untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.dan Paul Cesane.

9. Futurisme
    Melukis dengan berusaha menampilkan kedinamisan dan berusaha mengutarakan gerak serta khayalan masa mendatang
     Tokohnya : Umberto Bocciani dan Gialomo Balla.

10. Surrealisme
Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi,hayal,intuitif dan hal-hal yang aneh diluar kesadaran. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Salah satu tokoh yang populer dalam aliran ini adalah Salvador Dali dan Yofra.

11. Dadaisme
Ciri khas dari karya dadaisme adalah karya artistik dan bentuk-bentuk seram ,magis atau mengerikan karya ini banyak di ilhami oleh bentuk patung primitif  dan karya kuno/ nenek moyang. Dapat juga bentuknya kekanak-kanakn (naive) .Yang kemudian diungkapkan dalam bentuk main-main, mistis, sesuatu yang menimbulkan goncangan jiwa yang mendadak,juga ada tanda-tanda merusak yang telah ada, sesuai dengan sifat lingkungan perang.
Sifat aliran ini antara lain :
1. Dominasi warna hitam,merah,putih dan hijau dengan pewarnaan yang  
    primer,tajam,dan kontras
2. Cendrung kembali ke jaman primitif,kuno,dan magis
    Tokohnya : Paul Gauguin, Paul klee dan Kurt Sewitter.
12. Abstraksionisme
Adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Abstraksi berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya.Wujud karyanya tidak menyerupai alam,tetapi menampilkan bentu-bentuk atau fenomena yang artistik dan unik.
    Tokohnya : Kandisky ,Jakson Pollock.


13. Optik Art
Sifat dari aliran ini antara lain :
a.       Unsur-unsur yang dipakai berbentuk goometris.Garis diulang-ulang dan diatur rapi sehingga diperlukan akurasi atau warna  dan penempatan kesan  ilmiah yang menonjol namun ,emosi dan ekspresi agak dikesampingkan.
b.      Efek permainan mata (ilusi gerak) yang memperdaya optik sangat diutamakan.
Tokohnya : Victor Vossarely,Andy Worhol.

14. Mobilisme Art atau Kinetik Art
     Seni lukis ini mengutamakan gerak (benar benar gerak bukan kesan) baik oleh angin listrik,maupun sebab yang lainnya.Karya yang dihasilakan sebagian besar berbentuk tiga dimensi,Kinetik Art merupakan perkembangan konstrktivisme. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon